Hari ini :
You are not log in? >> Please Login

- Mendulang Emas di Tabungan Emas

Jakarta - Menabung dana tunai, itu biasa. Kini bank berlomba menerbitkan tabungan investasi emas. Nasabah pun bisa mendulang emas 24 karet dari hasil tabungannya.

Setelah HSBC Syariah mempelopori tabungan emas, Bank Syariah Mandiri (BSM) pun tak mau ketinggalan dengan menerbitkan tabungan investasi emas yang menggunakan portofolio emas 24 karet.

“Izin prinsip dari BI sudah didapat diharapkan sudah bisa diterbitkan akhir triwulan III tahun ini,” kata Kepala Divisi Pengembangan Produk BSM, Firman Jatnika.

Hal itu diungkapkan Firman, disela-sela acara kerjasama BSM dan PT Mandiri Manajemen Investasi untuk pemasaran reksa dana Mandiri Investa Syariah Berimbang, di Mercantile Club Gedung World Trade Center (WTC), Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (19/6/2007).

Menurut Firman, dalam tabungan emas BSM, setiap nasabah nantinya akan diberikan sertifikat kepemilikan emas. Bentuk fisik emas akan disimpan di BSM atau di vendor yang telah ditentukan.

“Vendor kemungkinan kita akan negosiasikan dengan PT Antam, tapi sampai saat ini belum ada pembicaraan,” ujar Firman.

Firman menjelaskan, satuan kepemilikan emas minimum sebesar 10 gram dan kelipatannya. Diharapkan dengan adanya produk ini, BSM bisa menambah pendapatan fee base income.

Tahun ini pertumbuhan dari fee base income diperkirakan mencapai 15 persen. Sedangkan total pendapatan BSM tahun ini diprediksi mencapai Rp 126 miliar.

Nasabah yang ingin memiliki tabungan investasi emas bisa langsung mendatangi BSM dan membuka rekening. Setoran dari nasabah yang berupa dana tunai akan dikonversi menjadi harga emas, sehingga bisa terlihat berapa gram emas yang ditabung.

“Untuk patokan harga kita aka mengacu ke LME (London Metal Exchange),” katanya.

Minat investasi dalam bentuk emas ini cukup tinggi karena harga emas dari tahun ke tahun terus naik yang bisa mencapai 20-30 persen per tahun. (ir/qom)

Ardian Wibisono - detikfinance


(Sumber : http://blog.keuanganpribadi.com)

About this entry

Posting Komentar

 

About me | Author Contact | Powered By Blogspot | © Copyright  2008